Header Ads

Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan dan Kecantikan – Kenal dengan buah duku? Buah satu ini tidak sedikit dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan puding, selai, dan bahkan dikonsumsi langsung sebagai pencuci mulut atau desert.


Buah duku terdahulu berwarna hijau, tetapi lama kelamaan bakal berubah warna menjadi kekuning-kuningan. Perubahan warna menjadi kuning adalahpertanda bahwa buah tersebut telah matang dan siap disantap.

Buah duku yang telah matang mempunyai rasa lumayan manis. Apabila Anda menikmati buah duku pahit, berarti Anda sudah mengigit biji yang ada di dalamnya.

Manfaat buah duku tidak melulu sebagai konsumsi makanan manis saja, namun dengan sekian banyak  macam kandungan di dalamnya, khasiat buah duku untuk kesehatan dan keelokan sangatlah besar sekali.

Nutrisi dan Kandungan Buah Duku

Buah duku adalahtanaman yang bisa tumbuh lebat di wilayah sering hujan. Terutama di wilayah Asia Tenggara, buah duku tidak sedikit sekali tumbuh. Bahkan kini sudah ada tidak sedikit sekali pengembangbiakan buah duku di Indonesia dan negara-negara tetangga lainnya.

Berasal dari jenis buah Meliaceae, khasiat buah duku sangatlah besar untuk kesehatan dan kecantikan. Khasiat itu tidak terlepas dari kandungan yang terdapat di dalamnya. dalam 100 gram buah duku ada kandungan nutrisi:

-Kalori sebesar 7 kkal
-Zat besi sebesar 0.9 mg
-Protein sebesar 1.0 gram
-Karbohidrat sebesar 13 gram
-Lemak sebesar 0,2 gram
-Mineral alami selama 0,7 gram dan masih tidak sedikit lagi.

Bisa dibilang meskipun duku terasa lumayan manis, namun kandungan gula kalori dalam buah satu ini lumayan rendah dari pada apel dan jeruk. Buah duku pun berisi vitamin C dan E yang mempunyai sifat sebagai antioksidan pencegah radikal bebas. Di samping itu, kandungan lanzonesnya diandalkan  mampu mengasuh sistem pencernaan tubuh kita supaya lebih sehat dan bekerja secara optimal.

Dengan sekian banyak  macam kandungan nutrisi tersebut, dapat menjadikan guna buah duku untuk kesehatan dan keelokan semakin besar. apa sajakah khasiat buah duku itu? guna mengetahuinya inilah kami informasikan dalam 13 guna buah duku untuk kesehatan dan keelokan dibawah ini.

Khasiat Buah Duku Bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Sumber antioksidan lumayan tinggi

Seperti yang sudah saya ungkapkan diatas tadi, buah duku berisi vitamin C yang mempunyai sifat sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri adalahsebuah senyawa yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas penyebab munculnya kehancuran pada jaringan ataupun sel-sel kulit.

Dampak buruk radikal bebas sangatlah urgen untuk diperhatikan, karena radikal bebas dapat menjadi pemicu timbulnya kanker dan penyakit riskan dalam tubuh Anda. Adapun radikal bebas yang dapat ditangkal dengan antioksidan itu antara lain laksana radikal bebas sinar UV, polusi udara, gelombang, radiasi, dan masih tidak sedikit lagi.

2. Mampu menguatkan gigi

Manfaat buah duku untuk gigi lumayan besar, diandalkan  kandungan fosfor dalam buah duku akan dapat menguatkan gigi dan menangkal keropos ataupun gigi berlubang. Bahkan beberapa berpengalaman juga mengungkapkan konsumsi buah duku secara rutin, akan menciptakan pertumbuhan gigi baru lebih cepat.

Akan namun khasiat buah duku untuk gigi ini tidak bakal bekerja secara maksimal, bilamana tidak kita dukung dengan perawatan gigi secara berkala. Terutama perawatan mengenai kesucian gigi tersebut.

3. Mampu mengawal kesehatan gusi

Manfaat duku yang berisi vitamin C tidak hanya beraksi sebagai antioksidan saja, namun lebih dari tersebut kandungan vitamin C pun baik guna merawat kesehatan gusi dan menangkal munculnya sariawan.

Bisa disebutkan manfaat buah duku satu ini nyaris serupa dengan guna buah jeruk nipis “si ratuvitamin C” yang sudah saya kupas kemarin. Maka dari itu, andai Anda merasakan gusi bengkak ataupun sariawan, konsumsi saja buah duku secara rutin masing-masing harinya.

4. Mampu menambah sistem imun

Sistem imun sangatlah urgen dalam tubuh Anda, karena tanpa adanya sistem imun tubuh Anda bakal sangat gampang sekali terserang penyakit.  Sebab sistem imun sendiri adalahsistem kekebalan tubuh terhadap serangan sekian banyak  jenis penyakit.

Untuk menambah sistem kekebalan tubuh, tidak sedikit sekali berpengalaman menyarankan supaya kita tidak jarang kali mencukupi keperluan asupan vitamin, khusunya vitamin C dan E. nah guna mencukupi keperluan vitamin itu ada baiknya kita mengonsumsi buah duku secara berkala.

5. Baik guna program diet sehat

Siapa sangka dibalik rasanya yang lumayan manis, buah duku berisi kalori lumayan rendah dan protein cukup tinggi. Sehingga guna buah duku untuk diat sangatlah besar.

Di samping itu, para berpengalaman juga memutuskan kandungan senyawa mineral pada buah duku akan dapat meningkatkan buatan carnitine. Senyawa carnitine berikut yang dapat mengarahkan lemak jahat kedalam sistem metabolisme pembakaran energi di dalam tubuh Anda.

Dengan demikian, mengonsumsi buah duku secara teratur akan menciptakan berat badan kita semakin turun, karena carnitine dapat membakar lemak dalam tubuh secara optimal.

6. Mampu melancarkan sistem pencernaan

Manfaat buah duku selanjutnya ialah mampu melancarkan sistem pencernaan. Khasiat duku satu ini muncul diakibatkan karena kandungan seratnya yang lumayan tinggi. Bahkan para berpengalaman mengungkapkan kandungan serat dalam buah duku nyaris sama besarnya dengan kandungan serat pada buah pepaya.

Tidak melulu kandungan serat saja yang menjadikan guna buah duku untuk pencernaan tersebut besar, namun kandungan mineral alami dan zat besi dalam buah satu ini diandalkan  juga dapat mencegah kanker unsur organ sistem pencernaan Anda.

7. Mampu mengendalikan kadar kolesterol jahat

Khasiat buah duku berhubungan dengan kolesterol pun tidak boleh anda anggap sepele. Dengan kandungan kolesterol baik yang tinggi, mengonsumsi buah duku secara teratur akan paling berkhasiat guna mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita secara maksimal.

Di samping itu, dengan mengonsumsi buah duku secara berkala. diandalkan  kandungan kolesterol baik itu akan menolong Anda dalam menangkal penyakit jantung dan stroke.

8. Mampu mengenyahkan serangga

Memang guna buah duku sangatlah besar, akan namun di samping buahnya kita juga dapat mendapatkan guna besar dari kulitnya. Dipercaya kulit buah duku dapat mengusir segala macam serangga dan nyamuk yang ada di dekat kita.

Caranya pun lumayan mudah sekali, kita tinggal menghanguskan kulit buah duku kering itu dan meletakan pada unsur yang tidak sedikit serangga. Baunya yang khas akan menciptakan serangga kabur.

9. Mampu menyembuhkan demam

Tidak lumayan hanya daun dan buahnya, kita masih dapat mendapatkan guna duku dari bijinya. Meskipun biji buah duku terasa lumayan pahit, akan namun kandungan mineral yang terdapat di dalamnya disinyalir dapat mengobati demam panas pada anak.

Caranya ambil biji buah duku secukupnya, kemudianb tumbuh hingga benar-benar halus. kemudian campurkan tumbukan biji itu dengan air dan konsumsi air hasil rendaman itu maksimal 1 kali sehari saja.

10. Mampu mengawal kesehatan dan keelokan kulit

Manfaat buah duku tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, akan namun buah satu ini pun berkhasiat guna merawat kesehatan  dan keelokan kulit Anda.

Khasiat buah duku satu ini muncul sebab adanya sokongan vitamin E. menurut keterangan dari para berpengalaman kesehatan, kandungan vitamin E tersebut dapat mencegah kehancuran kulit, menangkal penuaan dini, hingga menghaluskan kulit secara alami.

11. Mampu menanggulangi masalah jerawat

Baik buah, biji, ataupun kulit duku menurut keterangan dari para berpengalaman herbalis berisi senyawa yang mempunyai sifat sebagai antibakterial. Senyawa berikut yang dapat mengatasi jerawat dampak dari kuman ataupun bakteri pada unsur pori-pori kulit.

Dengan memakai masker buah duku secara rutin, maka wajah kita secara bertahap bakal terbebas dari masalah jerawat.

12. Mampu mengawal kelembaban rambut secara alami

Kecantikan tidak melulu terpancar dari kulit, tetapi dari rambutpun keelokan secara alami dapat muncul. Bagi merawat keelokan rambut, kita dapat memakai hair mask dari buah duku.

Dengan kandungan proteinnya yang lumayan tinggi, buah duku berkhasiat untuk mengawal kelembaban kulit kepala, menangkal kerontokan, dan bahkan menutrisi kulit kepala dari dalam.

13. Merawat kesehatan dan keelokan kuku

Khasiat buah duku untuk kecantikan terakhir berhubungan pada kuku. Beberapa wanita menyatakan setelah mengoleskan air buah duku, kuku mereka nampak lebih bening dan berkilau secara alami.

Nah untuk Anda yang hendak merawat kuku secara alami, silahkan pakai buah duku sebagai bahan perawatan kuku tersebut. baik guna kuku tangan ataupun kuku pada unsur kaki Anda.

Itulah guna buah duku guna kesehatan dan keelokan yang bisa saya sampaikan. Agar seluruh khasiat buah duku diatas dapat diperoleh secara maksimal, saya sarankan kita mengonsumsi buah itu secara rutin paling tidak 5 butir sehari.

Tidak ada komentar