Header Ads

9 Jenis Kecerdasan Manusia, Karna IQ Tinggi Nggak Berarti Cerdas!

Setiap orang mempunyai tingkat kecerdasaan yang berbeda-beda. Biasanya urusan ini diukur dari seberapa tinggi skor tes IQ yang mereka lakukan.

Tapi tahukah kamu, mempunyai IQ yang tinggi tidak menciptakan segalanya lebih mudah. IQ tinggi tidak mengukur masing-masing jenis kepintaran manusia, tidak masing-masing orang jenius ialah kutu buku.


Berdasarkan keterangan dari developmental psychologist, Howard Gardner, terdapat 9 jenis kepintaran manusia yang masing-masing intinya orang tersebut cerdas dalam bidang-bidang tertentu.

Berikut keterangan 9 jenis kepintaran manusia yang tidak dapat diukur dengan tingginya skor IQ tersebut:

Jenis Kecerdasan Manusia Tidak Bisa Diukur Dengan IQ

1. Naturalist Intelligence

Naturalist Intelligence merupakan kecerdasan mengetahui dan merasakan alam. Buat anda yang menyukai lingkungan, dapat mengenali sifat dan tingkah laku binatang, menyukai pekerjaan di luar (alam).

Artinya anda menonjol dalam kepintaran naturalis, seringkali mereka memiliki keterampilan lebih baik dalam mengajar diri secara otodidak. Contohnya pendaki gunung, pemburu, pembimbing wisata, petani, nelayan, dan lainnya. 

2. Musical Intelligence

Kamu peka dengan nada, ritme, melodi, dan intonasi? Artinya anda menonjol dalam kepintaran musikal, sehingga anda dapat mendendangkan lagu dengan tepat dan dapat mengekor irama.

Mereka pun mampu guna mengembangkan, mengekspresikan, dan merasakan bentuk–bentuk musik dan suara, serta keterampilan memainkan perangkat musik. Contohnya, semua musisi, pencipta lagu, penyanyi, dan lainnya.  

3. Logical-Mathematical Intelligence

Kamu mudah menciptakan klasifikasi dan kategorisasi, beranggapan dalam pola karena akibat, membuat hipotesis, dan pandangan hidupnya mempunyai sifat rasional? Itu ialah ciri-ciri anda mempunyai kemampuan kepintaran matematis-logis.

Kecerdasan ini berhubungan dalam urusan angka dan logika. Mereka yang memiliki kepintaran ini mempunyai kemampuan beranggapan yang sistematis deduktif dan induktif, mereka pun lebih cepat tanggap dengan masalah, dia bekerja secara berurutan atau sistematis. Contohnya laksana ilmuwan, akuntan, programmer.

4. Existential Intelligence

Kalau dalam hidup anda memiliki tidak sedikit pertanyaan mengenai hakekat segala sesuatu, mempertanyakaan tentang eksistensi diri sendiri seperti mengapa saya hidup di dunia ini. Artinya anda memiliki kepintaran eksistensial.

Mereka yang memiliki kepintaran ini pun mampu membalas persoalan-persoalan terdalam keberadaan atau eksistensi manusia, baik tersebut makna, tujuan. Cocok menjadi filsuf.

5. Interpersonal Intelligence

Kalau kamu dapat membedakan sekian banyak  macam emosi, gampang mengakses perasaan sendiri, memakai pemahamannya guna memperkaya dan menuntun hidupnya, suka meditasi, dan lebih suka kerja sendiri. Artinya anda memiliki kepintaran intrapersonal.

Orang-orang dengan kepintaran ini memiliki keterampilan untuk memahami dan peka terhadap perasaan, motivasi, watak, dan temperamen orang lain. Kemampuan yang menonjol dalam berelasi dan berkomunikasi dengan sekian banyak  orang. Contohnya komunikator, fasilitator, guru, dan politisi.

6. Bodily-Kinesthetic Intelligence

Buat anda yang merasakan kegiatan jasmani (olahraga), tangkas dan tidak dapat tinggal diam, punya minat dengan segala sesuatu yang sehubungan dengan gerak dinamis. Artinya anda memiliki kepintaran kinestetik-jasmani.

Mereka yang punya kepintaran ini memiliki keterampilan tubuh atau gerak tubuh guna mengekspresikan usulan dan perasaan. Contohnya atlet, penari, berpengalaman bedah, pengrajin, dan lainnya.

7. Linguistic Intelligence

Kalau anda dapat berargumentasi, dapat meyakinkan orang lain, menghibur atau melatih dengan efektif lewat kata-kata, menyimak dan dapat menafsirkan bahasa artikel dengan jelas, dan dapat mengolah kata–kata secara efektif baik secara lisan maupun secara tertulis. Artinya anda menonjol dalam kepintaran linguistik.

Mereka pun menikmati kegiatan seperti menulis, membaca, bercerita atau membalas teka-teki silang. Contoh yang tepat pada keterampilan ini laksana editor, blogger, jurnalis, dramawan, sastrawan, dan lainnya.

8. Intra-personal Intelligence

Jika anda mampu menghadapi orang beda dengan sarat perhatian, terbuka, menjalin kontak mata dengan baik, menunjukan empati pada orang lain, mendorong orang lain mengucapkan kisahnya. Artinya dalam diri anda memiliki kepintaran interpersonal yang lebih.

Kecerdasan untuk memahami dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, dan temperamen orang lain. Mereka ingin mempunyai kelebiah dalam campuran antara pertumbuhan dan perkembangan tingkat kematangan dua sisi (pribadi dan kemampuan). Contohnya networker, negotiator, guru, dosen, psikolog, pemimpin spiritual, dan filsuf.

9. Spatial Intelligence

Terakhir buat anda yang mempunyai kepekaan yang tajam guna detail visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk, dan ruang, gampang memperkirakan jarak dan ruang, serta dapat membuat sketsa gagasan dengan jelas. Artinya kepintaran visual-spasial anda sangat menonjol.

Kecerdasan yang mencakup beranggapan dalam gambar, dan dapat untuk menyerap, mengolah dan membuat kembali sekian banyak  macam aspek visual. Contohnya semua arsitek, fotografer, designer, pilot, insinyur.
Kesimpulan

Itulah 9 jenis kepintaran manusia yang tidak dapat diukur dari tingginya skor tes IQ. Pasti anda mempunyai satu atau bahkan sejumlah yang menonjol dalam diri kamu. Sehingga anda dapat mengambil tahapan yang tepat guna memilih karir, atau menolong perkembangan anak misalnya. Kamu yang mana? Share ya pendapat kamu!

Tidak ada komentar